KUNJUNGAN KERJA SEKOLAH STAF KEPEMIMPINAN KEMENTERIAN LUAR NEGERI (SESPARLU)

Sorong, Papua Barat

Pada hari Kamis 20 Oktober 2016 SUPM Negeri Sorong  mendapat kunjungan kerja dari peserta SESPARLU International 17. Kegiatan ini diikuti oleh para peserta yang berasal dari Kementerian Luar Negeri RI dan Perwakilan Diplomatik dari negara Papua New Guenea (PNG), Korea Utara, Kamboja, Vietnam, Azerbaijan, Kepulauan Solomon, Vanuatu, Fiji, dan Myanmar. Kunjungan kerja tersebut bermaksud untuk memperkenalkan SUPM Negeri Sorong sebagai satu satunya Sekolah Menengah setingkat SMK di bidang Kelautan dan Perikanan yang berada diwilayah Papua dan Papua Barat, secara khusus sebagai bagian dari Soft Diplomacy dari Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia untuk memberikan gambaran real mengenai keadaan terkini di wilayah Papua dan Papua Barat serta memperkenalkan kepada para peserta international terkait dengan potensi Sumber Daya Laut di Papua Barat.

Peserta SESPARLU beserta rombongan tiba di SUPM Negeri Sorong pada pukul 11.15 WIT dan disambut oleh para Staf Guru dan Siswa SUPM Sorong. Peserta rombongan disambut dengan tarian khas papua yang diperagakan oleh Siswa serta diiringi oleh musik tradisional. Rangkaian kunjungan kerja tersebut dibuka dengan diawali oleh sambutan serta presentasi Profil SUPM Sorong yang disampaikan oleh Kepala Sekolah Maskuri,S.Pi.,M.Si yang memaparkan secara singkat sejarah singkat SUPM Sorong serta Program Keahlian yang ada di sekolah, serta dilanjutkan dengan jamuan makan siang dan diakhiri dengan dialog dari masing-masing perwakilan Diplomatik negara untuk menceritakan Cerita Rakyat (Folklore)

Dalam acara tatap muka dan dialog tersebut,  para peserta Sesparlu Internasional mendapatkan kesempatan untuk berbagi pengalaman untuk menceritakan salah satu cerita rakyat dari negara masing-masing dan mendapatkan antusias dan sambutan yang meriah dari para Staf Guru dan Siswa SUPM Sorong. Ms. Katira, diplomat Azerbaijan, mendapatkan kesempatan pertama berbagi pengalaman tentang cerita rakyat dilanjutkan dengan cerita rakyat dari negara Fiji, Korea Utara dan ditutup oleh Ms. Stephanie dari perwakilan negara Vanuatu. Dalam kesempatan tersebut tidak lupa juga perwakilan dari Indonesia yang diwakili oleh Siswa siswi SUPM Sorong turut menceritakan cerita rakyat dalam bentuk Tarian yang mengisahkan asal usul nama Irian, dan mendapatkan apresiasi yang sangat luar biasa. Rangkaian acara dari kunjungan kerja tersebut diakhiri dengan pemberian kuis berhadiah bagi para siswa yang berhasil menjawab pertanyaan dalam kaitannya dengan cerita rakyat yang dibawakan oleh masing-masing Diplomat yang hadir dalam acara tersebut.

Rangkaian Kegiatan tersebut diakhiri dengan foto bersama dengan seluruh staf, guru dan siswa SUPM Negeri Sorong dan diakhiri dengan kunjungan singkat ke workshop TEFA Pengolahan untuk melihat produk-produk hasil perikanan yang diolah sendiri oleh siswa dari Program Studi Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan (TPHP)

DIREKTUR SESPARLU INTERNATIONAL 17 Mr. ODO R.M MANUHUTU

Ms. CATIRA FROM AZERBAIJAN AMBASADOR WITH SOSIS EKSTRACT BUAH MERAH

TARIAN PAPUA OLEH SISWA SUPM SORONG

Oleh : 1