PELATIHAN CPIB DAN HACCP

Sorong, 27 Januari 2017

Kegiatan Cara Pembenihan Ikan yang Baik (CPIB) adalah kegiatan sertifikasi yang diperuntukkan untuk Program Keahlian Teknologi Budidaya Perikanan (TBP) yang bertujuan membekali calon Lulusan Program Keahlian TBP agar dapat melakukan cara pembenihan ikan yang baik dengan prosedur yang benar dan sesuai dengan aturan-aturan yang telah ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Budidaya.

Sedangkan kegiatan HACCP di peruntukkan untuk calon lulusan Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan (TPHP) dengan tujuan meningkatkan Kompetensi peserta didik Program Keahlian TPHP tentang Program Manajemen Mutu Terpadu sesuai bidang Jurusan yang dipelajari oleh jurusan ini.

Kegiatan Pelatihan Sertifikasi CPIB dan HACCP dilaksanakan dari tanggal 24 Januari s/d 27 januari yang dibuka secara langsung oleh Kepala Sekolah Maskuri, S.Pi.,M.Si ditandai dengan pemukulan Tifa dan penyematan tanda peserta pada perwakilan peserta didik yang telah ditunjuk.

Selama kegiatan pelatihan, CPIB diberikan materi dari Narasumber yang berkompeten di bidangnya dari Direktorat Jenderal Budidaya/Pemenihan yaitu : Bapak Herry Subhan, A.Pi.,M.Si dan Ibu Fatimah Sau, S.St.Pi.

Sedangkan Narasumber HACCP dari Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan yaitu : Ibu Hendarni, M.Sc dan Ibu Yunik Verawati.

Untuk kegiatan kunjungan praktek HACCP dilakukan di salah satu perusahaan perikanan yang ada di kota sorong yang dilaksanakan pada hari kamis, 26 Januari 2017.
Diharapakan kedepannya nanti para peserta SUPM Negeri Sorong didik memiliki kompetensi dan keahlian yang dapat dipakai kelak untuk memaksimalkan pekerjaan di dunia industri dan dunia usaha.

PENERIMAAN MATERI DISKUSI DAN TANYA JAWAB CPIB

SUASANA UJIAN MATERI UJI KOMPETENSI HACCP

KUNJUNGAN PRAKTIKUM DI SALAH SATU INDUSTRI PERIKANAN DI KOTA SORONG

FOTO BERSAMA PESERTA DIDIK DAN NARA SUMBER

Oleh : 1